RSUD WARU AKAN BLUD

 

Untuk mewujudkan impian karyawan/i RSUD Waru untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD/rumah sakit rujukan), dr. Hendarto, M.Si, selaku direktur RSUD Waru Pamekasan menghadiri Rapat Percepatan Pembentukan BLUD yang diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convension Center (BNDCC) tanggal 19 Maret sampai dengan 22 Maret 2019 mendatang.

Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk menjadi rumah sakit berstatus BLUD cukup banyak yang harus dipenuhi. Misalnya untuk tenaga dokter saja minimal harus memiliki 6 dokter spesialis, sedangkan RSUD Waru sekarang masih memiliki 1 dokter spesialis. Saat ini ditinjau dari kecukupan sumber daya manusia (SDM), secara keseluruhan RSUD Waru  masih membutuhkan sekitar 200  pegawai dari berbagai disiplin ilmu, sedangkan yang ada masih tersedia 35 orang. dr. Hendarto menjelaskan bila ditinjau dari segi ketersediaan layanan, maka RSUD Waru jika ingin menjadi BLUD maka harus memiliki instalasi rawat inap, instalasi rawat jalan, IGD, instalasi kebidanan, instalasi operasi, instalasi radiologi, instalasi gizi, instalasi farmasi, instalasi laboratorium, instalasi ICU, instalasi perinatologi, instalasi rekam medik, unit transfusi darah, unit pendaftaran, unit laundry, unit pemulasaran jenazah, dan unit ambulan, Pak Hen (Panggilan Akrabnya) menambahkan BLUD rumah sakit dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa yang dijual tanpa mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Sementara tujuan dibentuknya BLUD untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas serta penerapan praktek bisnis yang sehat.

Sedangkan alasan dibentuknya BLUD adalah UU No 4 Tahun 2009, mempermudah proses pengadaan barang dan jasa, mempermudah penyesuaian tarif (di luar tarif kelas III) cukup dengan peraturan kepala daerah, meningkatkan pelayanan karena mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan keuangan. (Lukman..)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *